Tingginya penderita diabetes melitus dari tahun ketahun akan menjadi perhatian terutama dalam dunia kesehatan, Diabetes melitus merupakan penyakit dengan adanya gangguan metabolik yang disebabkan oleh kenaikan glukosa darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan ganguan fungsi insulin . Beberapa resiko dari penyakit diabetes melitus tipe-2 diantaranya umur, jenis kelamin, hipertensi, obesitas, keturunan, pola makan, merokok, alkohol, kurang aktivitas, dan lingkar perut. Penatalaksanaan dilakukan dengan cara komsumsi obat hiperglikemia oral dan pemberian insulin, olah raga yang teratur untuk mengurangi terjadinya komplikasi dari diabetes melitus.

salah satu komplikasi yang terjadi dari diabetes yaitu ulkus diabetikum dimana ditemukannya infeksi, tukak dan atau destruksi ke jaringan kulit yang paling dalam di kaki pada pasien Diabetes Mellitus (DM) akibat abnormalitas saraf dan gangguan pembuluh darah arteri perifer.

Ulkus diabetikum dapat dicegah dengan melakukan intervensi sederhana sehingga kejadian angka amputasi dapat diturunkan hingga 80%. Amputasi memberikan pengaruh besar terhadap seorang individu, tidak hanya dari segi kosmetik tapi juga kehilangan produktivitas, meningkatkan ketergantungan terhadap orang lain serta biaya mahal yang dikeluarkan untuk penyembuhan. Penelitian ini memberikan pengetahuan tentang faktor risiko terjadinya ulkus diabetikum agar angka mortalitas dan morbiditas dapat di kurangi.

Salah Satu Program kreativitas mahasiswa yang dikemas dalam bentuk PKMRE Prodi Farmasi Fakultas MIPA Univesitas Islam Makassar yaitu dengan membuat sabun kertas dari bahan alami Biji Kopi Hijau Robusta sebagai terapi Ulkus Diabetik.
Beberapa penelitian yang telah dilakukan di Universitas Islam Makassar Khususnya Prodi Farmasi yaitu biji kopi hijau yang digunakan sebagai pengobatan Diabetes melitus, dimana Ekstrak dari biji kopi robusta mengandung senyawa Flavonoid dengan kandungan asam klorogenat yang tinggi. Asam Klorogenat yang ada dalam ekstrak Biji kopi Hijau memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar glukosa darah pada pasien diabetes, selain itu kemampuan dalam membunuh mikroorganisme baik gram positif maupun gram negatif sudah terbukti.

Bersama TIM PKMRE Universitas Islam Makassar , Ketua : Nur Zalzabila Ramli, Uswatun Hasanah, Amelia Triwardhani dengan dosen Pendampin bapak Dr.apt. Rusman,S.Si.,M.SI

Leave a Comment